Latihan Soal Keanekaragaman Hayati dan Pembahasan, Biologi Kelas 10 Fase E

banksoalbiologi.com - Halo sahabat BSB kelas 10 (Fase E), postingan kali ini akan berbagi mengenai Soal dan Pembahasan Keanekaragaman Hayati. Soal-soal ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk persiapan Penilaian Harian (Ulangan Harian) atau dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester.

Soal Nomor 1
Perhatikan gambar berikut.
latihan-soal-keanekaragaman-hayati-dan-pembahasan-biologi-fase-E
Habitat pada gambar tersebut menyimpan banyak keanekaragaman hayati. Bioma seperti ini banyak terdapat di Indonesia, sehingga dikenal sebagai megabiodiversitas. Namun, seiring bertambahnya waktu, kegiatan manusia dapat mengurangi bahkan merusak, sehingga mengganggu keseimbangan. Di bawah ini merupakan cara pemanfaatannya yang paling tepat agar tetap lestari yaitu ...
A. memanfaatkan sumber daya alamnya semaksimal mungkin
B. penggunaan alat-alat yang canggih dan modern untuk menghindari kerusakan
C. membuat semua hutan menjadi kawasan tertutup
D. penerapan metode tebang pilih dan reboisasi 
E. melakukan penelitian yang intensif di kawasan hutan tersebut

Jawab: D
Pembahasan:
Gambar pada gambar merupakan hutan hujan tropis yang mengandung sumber daya alam yang sangat besar, salah satunya berupa kayu yang dapat dipergunakan sebagai bahan bangunan tempat tinggal. Karena kebutuhan manusia tidak akan terus bertambah, maka manusia melakukan penebangan kayu untuk memneuhi kebutuhannya. Penebangan yang baik, seharusnya dilakukan dengan menerapkan metode tebang pilih dan tanam kembali. Pohon yang dapat ditebang adalah pohon yang sudah memenuhi kriteria, salah satunya yang sudah tua dan berdiameter lebih besar dari 60 cm. Selanjutnya, dilakukanlah penanaman kembali atau reboisasi sehingga kelestarian tumbuhan akan tetap terjaga. 
Opsi yang lain kurang tepat.

Soal Nomor 2
Jenis sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk dapat menghasilkan energi diantaranya yaitu air terjun, angin, minyak bumi, cahaya matahari, dan batu bara. Agar sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang panjang, maka faktor yang perlu diperhatikan adalah ...
A. perlu dikelola untuk memperoleh manfaat yang maksimal bagi sekelompok yang berkepentingan
B. pemanfaatan sumber daya alam semaksimal mungkin
C. pembinaan sadar lingkungan diterapakan hanya di sekolah
D. pembatasan produktivitas sumber daya alam 
E. eksploitasi sumber daya alam harus diatur menurut batas regenerasinya

Jawab: E
Pembahasan:
Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi sumber daya alam dapat diperbarui dan sumber daya alam tidak dapat diperbarui. Sumber daya aalam dapat diperbarui yakni sumber daya alam yang mudah diadakan kembali apabila habis atau persediannya di alam tidak terbatas, misalnya hewan dan tumbuhan. Sedangkan sumber daya alam tidak dapat diperbarui merupakan kebalikan dari sumber daya alam dapat diperbarui yakni sumber daya alam yang tidak dapat diadakan kembali apabila habis atau proses pembentukan sumber daya alam tersebut membutuhkan waktu yang amat lama. 

Soal Nomor 3
Perhatikan gambar contoh keanekaragaman hayati berikut.
latihan-soal-keanekaragaman-hayati-dan-pembahasan

Keempat hewan pada gambar tersebut ditempatkan dalam kelompok yang sama yaitu ...
A. tingkat gen
B. tingkat spesies/jenis
C. tingkat populasi
D. tingkat ekosistem
E. tingkat komunitas

Jawab: B
Pembahasan:
Keanekaragaman yang terdapat pada gambar di atas termasuk tingkat jenis/spesies. Dapat kita lihat dari keempat hewan tersebut, semuanya memiliki perbedaan fisik yang jelas, juga tingkah laku serta habitatnya. Namun, hewan-hewan tersebut disebut juga kelompok kucing-kucingan.
Untuk memahami tingkat keanekaragaman hayati, silakan pelajari disini.

Soal Nomor 4
Harimau (Panthera tigris) merupakan hewan karnivora yang dapat dijadikan sasaran perburuan, karena dapat menyerang hewan ternak dan juga manusia. Pernyataan di bawah ini yang paling tepat berkaitan dengan keseimbangan ekosistem adalah ...
A. Harimau merupakan hewan karnivora dan pemangsa yang boleh diburu oleh manusia demi keselamatan warga.
B. Perburuan liar akan menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem karena harimau merupakan salah satu komponennya.
C. Harimau sangat membahayakan kehidupan manusia
D. Harimau dapat dijadikan sebagai sumber komoditi ekspor
E. Harimau dapat merugikan penduduk karena mengganggu ternak mereka.

Jawab: B
Pembahasan:
Kehadiran harimau yang memasuki pemukiman warga dapat disebabkan salah satunya akibat tempat tinggal mereka terganggu. Hal ini memang dapat membahayakan keselamatan warga, namun bukan berarti perburuan terhadap harimau diperbolehkan karena dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. 

Soal Nomor 5
Berkurangnya keanekaragaman hayati yang disebabkan karena masalah lingkungan menjadi isu global saat ini. Peristiwa tersebut terjadi terutama karena kerusakan habitat yang dilakukan oleh kelompok orang. Kerusakan habitat tersebut, sebagian besar karena kegiatan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan keanekaragaman hayati diperlukan upaya yang tepat. Pernyataan di bawah ini salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah ...
A. mengembangkan lahan agrikultur dan tanaman industri untuk memenuhi kebutuhan.
B. penerapaan konsep pertanian monokultur dengan penggunaan bibit unggul
C. mengubah hutan bakau menjadi area pertambakan.
D. disarankan memelihara hewan langka secara pribadi
E. melakukan konservasi pada lahan kritis

Jawab: E
Pembahasan:
Mempertahankan keanekaragaman hayati saat ini, memang memiliki tantangannya sendiri karena mengingat kebutuhan manusia yang tak pernah terpenuhi. Apabila masalah lingkungan sudah muncul, maka jelas keanekaragaman hayati akan terancam. Jika ini dibiarkan terus menerus, keanekaragaman hayati akan punah. Untuk itu perlu adanya upaya yang tepat, agar keanekaragaman hayati tetap eksis, salah satunya yaitu dengan melakukan koncervasi pada lahan kritis. Dengan melakukan konservasi atau pelestarian, maka keanekaragaman hayati berangsur-angsur akan pulih. Tentunya, hal ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, namun diperlukan semua elemen masyarakat agar menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

Soal Nomor 6
Kebanyak hewan di Indonesia memiliki status sebagai hewan endemik, seperti kanguru pohon wondiwoi, badak bercula satu, orang utan, dan bekantan. Karakteristik yang tepat sehingga hewan-hewan tersebut digolongkan kedalam hewan endemik adalah ...
A. Memiliki keanekaragaman tingkat jenis yang sangat tinggi dan mendiami wilayah yang sama
B. Memiliki kemampuan evolusi dan adaptasi yang sangat baik sehingga dapat bertahan hidup hingga saat ini
C. Hewan-hewan tersebut mengalami proses edemisme sehingga mempunyai ciri yang khas untuk menempatu suatu wilayah tertentu.
D. Terisolasi secara geografi sehingga berkembang menjadi bentuk yang khas
E. Hewan-hewan tersebut dapat ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia

Jawab: D
Pembahasan:
Suatu spesies dikatakan endemik apabila hanya menempati suatu tempat tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain. Salah satu alasannya adalah karena terpisah secara geografi (isolasi).

Soal Nomor 7
Di bawah ini merupakan jenis-jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman pada tingkat spesies adalah ...
A. anggrek hitam, anggrek bulan, dan anggrek tanah
B. mangga apel, mangga arumanis, dan mangga golek
C. kelapa gading, kelapa hijau, kelapa kopyor
D. jambu air merah, jambu air putih, jambu air kerikil
E. durian montong, durian parung, dan durian petruk

Jawab: D
Pembahasan:
Keanekaragaman hayati tingkat spesies/jenis menunjukkan adanya variasi dari jenis-jenis organisme pada kelompok atau komunitas yang hidup di suatu habitat tertentu. Silakan perhatikan dengan seksama pada opsi soal tersebut. Jambu air merah, jambu air putih, dan jambu air kerikil merupakan keanekaragaman pada tingkat spesies, hal ini karena walaupun sama-sama jambu namun jambu air kerikil berbeda fisiknya dibanding jambu air merah dan jambu air putih. Jambu air merah dan jambu air putih fisiknya sama, hanya warna saja yang berbeda. Sedangkan jambu air kerikil bentuk fisiknya berbeda.

Soal Nomor 8
Perhatikan ciri-ciri bioma di bawah ini.
(a) Curah hujan rendah.
(b) Evaporasi (penguapan) lebih tinggi dai porositas
(c) Tumbuhan mempunyai lapisan kutikula yang tebal
(d) Tumbuhan mempunyai akar yang panjang dan daun tereduksi
(e) Organisme penghuninya seperti semut, ular, dan kadal
Bioma yang mempunyai ciri-ciri di atas adalah ...
A. gurun
B. taiga
C. hutan gugur
D. hutan basah
E. tundra

Jawab: A
Pembahasan:
Ciri-ciri bioma yang disebutkan di atas yaitu gurun.

***
Demikian latihan soal keanekaragaman hayati dan pembahasan. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Latihan Soal Keanekaragaman Hayati dan Pembahasan, Biologi Kelas 10 Fase E"